PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI
Oleh INDRA ZULTIAR. M.PD.
0
2
Oleh INDRA ZULTIAR. M.PD.
Pendidikan anak usia dini merupakan lembaga yang memberikan layanan pendidikan kepada anak usia dini pada rentangan 4-7 tahun. Para pendidik harus dapat memberiakan layanan secara profesionalpada anak didiknya dalam rangka peletakan dasar pengetahuan. Oleh sebab itu pendidik harus membekali diri untuk merancang program secara utuh sesuai dengan perkembangan anak.. pada mata kuliah perkembangan kognitif akan diberikan gambaran untuk mengkaji dan berlatih merancang serta menerapkan metode pengembangan kognitif anak usia dini dengan berlandaskan pada berbagai teori dan pendekatan.
Pertemuan 1 : Orientasi Perkuliahan
Pertemuan 2 : Konsep dasar pengembangan kognitif
Pertemuan 3 : Pemahaman teori dan penerapan praktis teori Piaget, Montesori, dan Vygotsky
Pertemuan 4 : Teori Kognitif Piaget
Pertemuan 5 : Teori Kognitif Vygotsky
Pertemuan 6 : Teori Kognitif Montesori
Pertemuan 7 : Diskusi kelompok dan praktikum pengembangan teori kognitif Piaget, Montesori, dan Vygotsky
Pertemuan 8 : UTS
Pertemuan 9 : Ranah kognitif taksonomi Bloom
Pertemuan 10 : Strategi pembelajaran kognitif anak usia dini
Pertemuan 11 : Praktik pembelajaran perkembangan kognitif anak usia dini
Pertemuan 12 : Permasalahan perkembangan kognitif anak usia dini
Pertemuan 13 : Hubungan Perkembangan kognitif dengan Kreativitas anak
Pertemuan 14 : Alat permainan edukatif untuk mengembangkan kognitif anak usia dini
Pertemuan 15 : Evaluasi pengembangan kognitif
Pertemuan 16 : UAS