PEMASARAN INTERNASIONAL

Oleh LEONITA SIWIYANTI, S.AG., M.M

Mahasiswa
15
Topik
13
Deskripsi Kelas

- Mata Kuliah Manajemen pemasaran internasional bersifat mata kuliah pilihan bagi setiap mahasiswa di jurusan Manajemen. Membekali pengetahuan mahasiswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama, mata kuliah ini mempelajari beberapa materi perkuliahan meliputi : Pendahuluan : Kontrak Belajar, RPS dan Sistem Penilaian Mata Kuliah, Pengantar Pemasaran Internasional; lingkungan Ekonomi; lingkungan sosial dan budaya; lingkungan politik; dan lingkungan hokum; strategi memasuki pasar internasional; strategi produk; strategi harga; strategi distribusi; strategi komunikasi pemasaran; dan strategi pemasaran global; gerakan anti globalisasi



Apa Saja yang Akan Dipelajari?

Pada mata kuliah Pemasaran Internasional dibahas tentang materi :

  1. Pendahuluan : Kontrak Belajar, RPS dan Sistem Penilaian Mata Kuliah
  2. Pengantar Pemasaran Internasional
  3. Mampu menganalisis tentang lingkungan Ekonomi
  4. Mampu menganalisis tentang lingkungan sosial dan budaya
  5. Mampu menganalisis tentang lingkungan politik
  6. Mampu menganalisis tentang lingkungan hukum
  7. Mampu menganalisis tentang strategi memasuki pasar internasional
  8. Memiliki kemampuan menganalisis strategi produk
  9. Memiliki kemampuan menganalisis strategi harga
  10. Memiliki kemampuan menganalisis strategi distribusi
  11. Memiliki kemampuan menganalisis strategi komunikasi pemasaran
  12. Memiliki kemampuan menganalisis strategi pemasaran global
  13. Mampu menganalisis tentang gerakan anti globalisasi
Kurikulum
  • lock PERTEMUAN 1 : KONTRAK KULIAH dan SEJARAH PERDAGANGAN INTERNASIONAL
    • keyboard_arrow_rightRPS (Rencana Pembelajaran Semester) Mata Kuliah Pemasaran Internasional
  • lock PERTEMUAN 2 : KERJASAMA EKONOMI (REGIONAL dan DUNIA)
  • lock PERTEMUAN 3 : KARAKTER BUDAYA dan SOSIAL SECARA REGIONAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP STRATEGI PEMASARAN
  • lock PERTEMUAN 4 : KARAKTER POLITIK secara REGIONAL dan IMPLIKASINYA terhadap STRATEGI PEMASARAN (Kaitan Kerjasama Politik dan Ekonomi terhadap Perusahaan Internasional)
  • lock PERTEMUAN 5 : KARAKTER HUKUM Secara REGIONAL dan IMPLIKASINYA Terhadap STRATEGI PEMASARAN CARA PENYELESAIAN HUKUM
  • lock PERTEMUAN 6-7 : STRATEGI MASUK PASAR (Lisensi, Aliansi, dsb)
  • lock PERTEMUAN 8 : EVALUASI TENGAH SEMESTER (ETS)
  • lock PERTEMUAN 9 : RAGAM STRATEGI PERANCANGAN PRODUK INTERNASIONAL
  • lock PERTEMUAN 10 : RAGAM STRATEGI PERANCANGAN HARGA INTERNASIONAL PESAN IKLAN
  • lock PERTEMUAN 11 : RAGAM STRATEGI PERANCANGAN METODE DISTRIBUTOR INTERNASIONAL
  • lock PERTEMUAN 12 : RAGAM STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN INTERNASIONAL (Pesan, Agency, Media)
  • lock PERTEMUAN 13 : IMPLIKASI PEMASARAN INTERNASIONAL BAGI NEGARA MAJU, BERKEMBANG dan MISKIN
  • lock PERTEMUAN 14 : RAGAM ORGANISASI GERAKAN ANTI GLOBALISASI dan ALASANNYA
  • lock PERTEMUAN 15-16 : EVALUASI AKHIR SEMESTER (EAS) : Artikel tentang Kasus Pemasaran Internasional