Konsep IPS SD (PGSD B) 2024

Oleh IBNU HURRI

Mahasiswa
26
Topik
16
Deskripsi Kelas

Konsep Dasar IPS untuk mahasiwa Program Studi PGSD Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024.



Apa Saja yang Akan Dipelajari?

Matakuliah Konsep Dasar IPS ini merupakan matakuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang Konsep Dasar IPS sebagai landasan kajian yang bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat (fakta sosial), yang aspek-aspeknya meliputi Geografi, Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, Antropologi, Politik, perubahan sosial di era revolusi industry 4.0 dan pendidikan nilai-nilai. Matakuliah ini dirancang melalui pembelajaran berbasis aktivitas, menghasilkan produk dan mampu mengembangkan kemampuan berpikir melalui kegiatan inkuiri, investigasi kelompok, diskusi terfokus, berorientasi penyelesaian masalah (problem solving). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memahami konsep esensial displin ilmu-ilmu sosial untuk dikembangkan dalam kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI).

 

Pokok Bahasan Dalam Satu Semester:

1. Hakikat & Karakteristik Konsep Dasar IPS serta Ruang lingkup dan cakupan Konsep Dasar IPS

2. Dasar-dasar Pendidikan IPS

3. Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu

4. Sejarah Perkembangan IPS

5. IPS DAN ILMU-ILMU SOSIAL:

  1. Karakteristik Konsep Geografi dan Sejarah
  2. Karakteristik Konsep Ekonomi dan Politik
  3. Karakteristik Konsep Sosiologi dan Antropologi

6. Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) IPS SD

 

Referensi:

Sumber Belajar/Rujukan

:

1. Affandi, Idrus. 2011. Pendidikan Politik. Bandung: Mutiara Press.

2. Al Muchtar, Suwarma. 2001. Epistemologi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri

3.                                              . 2004. Pendidikan dan Masalah Sosial Budaya. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

4.                                   . 2014. Inovasi Dan Transformasi Pembelajaran Pendidikan IPS. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

5.                                   . 2016. Pengembangan Berpikir dan Nilai Dalam Pendidikan IPS. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

6. Ali, Muhammad. 2007. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

7. Alma, Buchari., dan Harlasgunawan AP. 2003. Hakekat Studi Sosial (Judul asli The Nature of Sosial Studies). Bandung: Alfabeta.

8. Angelo, Thomas A; & Cross, K. Patricia. Classroom Assessment Techniques (A Handbook for College Teachers). Second edition. Massachusetts: PB Printing.

9. Banks, J.A. 1985. Teaching Strategies For The Social Studies. New York: Longman.

10. Brownhill, Robert; Smart, Patricia. 1989. Political Education. London And New York: Routledge.

11. Djadjuri, Djadja; Saepuloh, Luthpi; Rizal, Setria Utama. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran (Jilid 1 Kurikulum). Bekasi: CV. Nurani.

12. Goleman, Daniel. 2015. Social Intelligence. Ilmu Baru Tentang Hubungan Antar Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

13. Gunawan, Ary H. 2010.  Sosiologi Pendidikan. Suatu Analisis Sosiologi Tentang Pengembangan Problem Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

14. Harianti, Diah. 2016. Model Pembelajaran Terpadu IPS. Jakarta: Puskurbuk Depdiknas-Kemdikbudristekdikti.

15. Joyce, Bruce., Weil, Marsha., & Emily Calhoun. 2009. Models of Teaching. Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

16. Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

17. Kuhn, S. T. 2008. The Structure of Scientific Revolution. Peran Paradigma dalam Revolusi Sains. Terjemahan Surjaman, Tjun. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

18. NCSS. 1994. Curriculum Standard for Social Studies. Washington: Expectation of Excellece.

19. Pramono, Suwito Eko. 2013. Hakikat Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Semarang: Widya Karya.

20. Ranjabar, Jacobus. 2015. Perubahan Sosial. Teori-teori dan Proses Perubahan Sosial Serta Teori Pembangunan. Bandung: Alfabeta.

21. Sanusi, Achmad. 1971. Studi Sosial di Indonesia. Bandung: IKIP Bandung.

22. Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

23. Scott, John. 2012. Tori Sosial. Masalah-masalah Pokok Dalam Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

24. Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

25. Soemantri, Nu’man. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Program Pascasarjana UPI dengan Remaja Rosdakarya.

26. Sumaatmadja, Nursid. 2008. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

27. Sumarmo, U. 2004. Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah pada Seminar Tingkat Nasional. FPMIPA UNY Yogyakarta Tanggal 8 Juli 2004.

28. Supardan, Dadang. 2011. Pengantar Ilmu Sosial. Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: Bumi Aksara.

29.                                      . 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Perspektif, Filosofi, dan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

30.  Sutarjo, Adisusilo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

31. Sztompka, Piotr. 2005. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada Media.

32. Taneo, Silvester Petrus. 2010. IPS SD. Bahan Ajar Cetak. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi-Kementrian Pendidikan Nasional.

33. Wahab, Abdul Aziz. 2009. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

34. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sumber Jurnal

:

1. Akdag, H & Kaymakci, S. 2011. A Chronological Approach to Development of Social Studies Education in Turkey. Educational Research and Reviews Vol. 6(15), pp. 854-863. DOI: 10.5897/ERR11.182. ISSN 1990-3839.

2. Arisi, R.O. 2013. Culture and Moral Values for Sustainable National Development: The Role of Social Studies Education. International Review of Social Sciences and Humanities. Vol. 5, No. 1. pp. 247-254. ISSN 2248-9010 (Online), ISSN 2250-0715 (Print).

3. Celikkaya, T & Filoglu, S. 2014. Attitudes of Social Studies Teachers toward Value and Values Education. Educational Sciences: Theory & Practice • 14(4) • 1551-1556. DOI: 10.12738/estp.2014.4.1605.

4. Ersoy, F & Sahin, T. 2012. Examination of Social Studies Textbooks in terms of Approaches of Values Education. Educational Sciences: Theory & Practice - 12 (2) [Supplementary Special Issue] • Spring • 1547-1558.

5. Ikwumelu, S.N., Bassey. M. E & Oyibe. O. A. 2015. Social Studies Education And The Need For Value-Based Education In Nigeria. British Journal of Education Vol.3, No.11, pp.63-74.

6. Jervis, J & Wideman, B. 1971. Values and the Social Studies Curriculum. The Social Studies, 62:7, 328-329, DOI: 10.1080/00220973.1942.11019152.

7. Katilmis, A., Eksi, H & Ozturk, C. 2011. Efficiency of Social Studies Integrated Character Education Program. Educational Sciences: Theory & Practice - 11(2) • Spring • 854-859.

8. Maryani, Enok., dan Helius Sjamsuddin. 2009. Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Jurnal Penelitian, Vol. 9, No. 1, April 2009, pp. 1-15.

9. Rahmawati, Isna. 2017. Pengintegrasian Nilai-nilai Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Magistra No. 100 Th. XXIX, pp: 1-10. ISSN 0215-9511.

10. Sauri, Sofyan. 2010. Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembinaan Profesionalisme Guru Berbasis Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, Bandung.

11. Sukitman, Tri. 2016. Internalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter). JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, Vol. 2, No. 2, hal :85-96.

 

Kurikulum
  • lock PENGANTAR MATAKULIAH Konsep Dasar IPS
    • keyboard_arrow_rightSilabus
  • lock Pertemuan 1 (Hakikat & Karakteristik Konsep Dasar IPS serta Ruang lingkup dan cakupan Konsep Dasar IPS)
    • keyboard_arrow_right1. Lahirnya Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
    • keyboard_arrow_right2. Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Studies)
    • keyboard_arrow_rightDiskusi
  • lock Pertemuan 2 (Hakikat & Karakteristik Konsep Dasar IPS serta Ruang lingkup dan cakupan Konsep Dasar IPS)
    • keyboard_arrow_right1. Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Studies)
    • keyboard_arrow_right2. Landasan Pendidikan IPS
    • keyboard_arrow_right3. Perbedaan antara Ilmu-Ilmu Sosial (Social Sciences) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Studies)
    • keyboard_arrow_rightDiskusi
  • lock Pertemuan ke 3 (Dasar-dasar Pendidikan IPS)
    • keyboard_arrow_right1. IPS Sebagai Pendidikan Disiplin Ilmu
    • keyboard_arrow_right2. Tujuan IPS di Sekolah
    • keyboard_arrow_right3. Tujuan Mata Pelajaran IPS
    • keyboard_arrow_rightDiskusi
  • lock Pertemuan ke 4 (Dasar-Dasar Pendidikan IPS)
    • keyboard_arrow_right1. Aspek dan Sub-Aspek Ilmu-ilmu Sosial
    • keyboard_arrow_right2. Hubungan Ilmu-ilmu Sosial dengan IPS (Social Studies)
  • lock Peremuan ke 5 (Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu)
    • keyboard_arrow_right1. Perencanaan Pembelajaran IPS Terpadu
    • keyboard_arrow_right2. Model Pelaksanaan Pembelajaran IPS Terpadu
    • keyboard_arrow_right3. Penilaian Pembelajaran IPS Terpadu
  • lock Pertemuan ke 6 (Sejarah Perkembangan IPS)
    • keyboard_arrow_right1. Perbedaan Beberapa Konsep IPS
    • keyboard_arrow_right2. Perkembangan IPS di Negara Lain
    • keyboard_arrow_rightDiskusi
  • lock Pertemuan ke 7 (Sejarah Perkembangan IPS)
    • keyboard_arrow_right1. Perkembangan Pembelajaran IPS di Indonesia
    • keyboard_arrow_right2. Perkembangan Pendidikan IPS dalam Sistem Pendidikan di Indonesia
    • keyboard_arrow_rightDiskusi
  • lock Pertemuan ke 8 (UTS) Genap Tahun Akademik 2023/2024
    • keyboard_arrow_rightUjian Tengah Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024
  • lock Pertemuan ke 9 (IPS DAN ILMU-ILMU SOSIAL. Karakteristik Konsep Geografi)
    • keyboard_arrow_rightIPS DAN ILMU-ILMU SOSIAL (Karakteristik Konsep Geografi)
  • lock Pertemuan ke 10 (IPS DAN ILMU-ILMU SOSIAL. Karakteristik Konsep Sejarah)
    • keyboard_arrow_right1. Pengertian Sejarah
    • keyboard_arrow_right2. Kajian Sejarah
    • keyboard_arrow_right3. Pendekatan Kajian Sejarah
  • lock Pertemuan ke 11 (IPS DAN ILMU-ILMU SOSIAL. Karakteristik Konsep Ekonomi)
    • keyboard_arrow_right1. Pengertian Ekonomi
    • keyboard_arrow_right2. Kajian Ekonomi
    • keyboard_arrow_right3. Pendekatan kajian Ekonomi
  • lock Pertemuan ke 12 (IPS DAN ILMU-ILMU SOSIAL. Karakteristik Konsep Politik)
    • keyboard_arrow_right1. Pengertian Politik
    • keyboard_arrow_right2. Kajian Politik
    • keyboard_arrow_right3. Pendekatan Kajian Politik dalam Pendidikan IPS
  • lock Pertemuan ke 13 (IPS DAN ILMU-ILMU SOSIAL. Karakteristik Konsep Sosiologi)
    • keyboard_arrow_right1. Pengertian Sosiologi
    • keyboard_arrow_right2. Ruang Lingkup Kajian Sosiologi
    • keyboard_arrow_right3. Pendekatan Kajian Sosiologi
  • lock Pertemuan ke 14 (IPS DAN ILMU-ILMU SOSIAL. Karakteristik Konsep Dasar Antropologi)
    • keyboard_arrow_right1. Pengertian Antropologi (Definisi Kebudayaan, dan Unsur-unsur kebudayaan)
    • keyboard_arrow_right2. Kajian Antropologi (Perkembangan Kebudayaan, dan Keaneka Ragaman Budaya Indonesia)
    • keyboard_arrow_right2. Kajian Antropologi (Perkembangan Kebudayaan, dan Keaneka Ragaman Budaya Indonesia)
    • keyboard_arrow_right3. Hubungan Antropologi dengan Pendidikan
  • lock Pertemuan ke 15 (Value Clarification Technique)
    • keyboard_arrow_right1. Pengertian Value Clarification Technique (VCT)
    • keyboard_arrow_right2. Tujuan VCT Dalam Pembelajaran IPS
    • keyboard_arrow_right3. Model VCT dalam Pembelajaran IPS SD dan Teknik Pembelajaran Nilai
    • keyboard_arrow_rightPowe Point Value Clarification Technique (VCT)
    • keyboard_arrow_rightPowe Point Value Clarification Technique (VCT)
    • keyboard_arrow_rightPowe Point Value Clarification Technique (VCT)
  • lock Pertemuan ke 16 Ujian Akhir Semester (UAS)
    • keyboard_arrow_rightUjian Akhir Semester Konsep Dasar IPS Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024