Copy Perkembangan Peserta Didik dan Konseling

Oleh DR. KADIYO, M.PD.

Mahasiswa
0
Topik
4
Deskripsi Kelas

-Mata Kuliah ini mempelajari tentang perkembangan anak secara fisik dan psikis dan cara belajar anak secara konseptual. Dengan bekal pemahaman konseptual ini diharapkan menjadi kerangka berpikir bagi calon guru dalam memahami praktek dan masalah-masalah pendidikan. Mata kuliah Perkembangan Peserta Didik ini meliputi : hakikat perkembangan anak didik, perkembangan biologis dan perseptual anak, perkembangan keceerdasan dan kreativitas, perkembangan bahasa, perkembangan sosial dan pribadi anak, jenis-jenis kebutuhan anak, lingkungan perkembangan anak, proses belajar anak, dan motivasi anak. Selain itu ditambah dengan pemahaman dan praktek penerapan bimbingan dan konseling di sekolah.



Apa Saja yang Akan Dipelajari?

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah:

  1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam mempelajari konsep perkembangan, proses perkembangan biologis dan perseptual anak, kecerdasan dan kreativitas anak, perkembangan bahasa anak, perkembangan sosial dan pribadi anak, jenis-jenis kebutuhan anak, lingkungan perkembangan anak, proses belajar anak, dan motivasi anak, serta mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dan menghubungan dengan sikap terhadap bimbingan dan konseling di sekolah. (Sikap)
  2. Menguasai konsep teoritis pedagogik dan konsep pengetahuan, serta pemanfaatan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan dengan materi konsep perkembangan, proses perkembangan biologis dan perseptual anak, kecerdasan dan kreativitas anak, perkembangan bahasa anak, perkembangan sosial dan pribadi anak, jenis-jenis kebutuhan anak, lingkungan perkembangan anak, proses belajar anak, dan motivasi anak serta penguasaan pengetahuan yang berhubungan dengan bimbingan dan konseling di sekolah. (Pengetahuan)
  3. Mengkaji implikasi implementasi konsep perkembangan, proses perkembangan biologis dan perseptual anak, kecerdasan dan kreativitas anak, perkembangan bahasa anak, perkembangan sosial dan pribadi anak, jenis-jenis kebutuhan anak, lingkungan perkembangan anak, proses belajar anak, dan motivasi anak berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi dan gagasan dalam bentuk makalah atau proposal dan dapat mempraktekkan bimbingan dan konseling di sekolah. (Keterampilan Umum).
Kurikulum
  • lock Pengumuman
  • lock Topik 1
  • lock Topik 2
  • lock Topik Selanjutnya
  • lock Pertumbuhan dan perkembangan dewasa awal (26-35) dan dewasa akhir (36-45), lansia awal (46-55 tahun) , dewasa akhir (56-65 tahun), lansia 65 - …