REKAYASA PERANGKAT LUNAK 1- 3A-TA 2023/2024

Oleh ASRIYANIK, M.T.

Mahasiswa
43
Topik
16
Deskripsi Kelas

Mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak 1 adalah salah satu mata pelajaran yang memperkenalkan mahasiswa kepada konsep, metode, dan teknik dasar dalam pengembangan perangkat lunak. Biasanya, mata kuliah ini menjadi landasan awal bagi pemahaman lebih mendalam tentang rekayasa perangkat lunak yang lebih kompleks.



Apa Saja yang Akan Dipelajari?

Berikut adalah deskripsi lebih lanjut tentang mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak 1:

  1. Tujuan Utama:
    • Memahami konsep dasar dalam rekayasa perangkat lunak, termasuk siklus pengembangan perangkat lunak dan metodologi pengembangan.
    • Mengenali prinsip-prinsip desain yang baik dan pemrograman yang efisien.
    • Menguasai alat dan teknik dasar yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak.
  2. Topik Utama:
    • Pengantar ke rekayasa perangkat lunak, sejarah, dan peranannya dalam dunia teknologi.
    • Metodologi pengembangan perangkat lunak, seperti model waterfall, model spiral, dan model Agile.
    • Pemahaman tentang siklus hidup perangkat lunak, termasuk analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan.
    • Prinsip-prinsip desain perangkat lunak yang baik dan pola desain.
    • Pemrograman dasar menggunakan bahasa pemrograman tertentu, dengan penekanan pada pemahaman struktur data dan algoritma.
  3. Metode Pengajaran:
    • Kuliah untuk menyampaikan konsep-konsep teoritis dan metodologi.
    • Praktikum atau tugas pemrograman untuk mengaplikasikan konsep dalam praktik.
    • Studi kasus dan analisis perangkat lunak nyata untuk memahami tantangan dalam pengembangan perangkat lunak.
    • Ujian dan tugas proyek untuk mengukur pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam pengembangan perangkat lunak.
  4. Keterkaitan dengan Bidang Lain:
    • Rekayasa perangkat lunak memiliki hubungan erat dengan ilmu komputer, matematika, dan teknik perangkat lunak.
    • Relevan dalam berbagai industri yang memerlukan pengembangan perangkat lunak, termasuk teknologi informasi, perbankan, kesehatan, dan manufaktur.
  5. Tujuan Karier:
    • Mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak 1 adalah langkah awal bagi mereka yang ingin bekerja dalam pengembangan perangkat lunak.
    • Lulusan dapat mencari pekerjaan sebagai pengembang perangkat lunak, insinyur perangkat lunak, atau analis sistem.
    • Mereka juga dapat melanjutkan studi ke mata kuliah rekayasa perangkat lunak yang lebih tingkat atau memperdalam pengetahuan mereka dalam bidang tertentu, seperti pengembangan web, mobile app development, atau keamanan perangkat lunak.

Mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak 1 merupakan fondasi penting dalam pemahaman dasar pengembangan perangkat lunak, dan memberikan landasan yang kuat untuk melanjutkan studi dan karier dalam bidang rekayasa perangkat lunak.

 

 

Kurikulum
  • lock Kontrak Kuliah dan RPS
    • keyboard_arrow_rightKontrak Kuliah Mata Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak 1
    • keyboard_arrow_rightRencana Pembelajaran Semester (RPS)
  • lock Pertemuan 1: Konsep Dasar RPL
    • keyboard_arrow_rightKonsep Dasar RPL
    • keyboard_arrow_rightPengembangan Perangkat Lunak Profesional
    • keyboard_arrow_rightEtika dalam Pengembangan Perangkat Lunak
    • keyboard_arrow_rightBuku Teks RPL dari Roger S. Pressman
    • keyboard_arrow_rightBuku Teks RPL dari Ian Sommerville
  • lock Pertemuan 2: Proses Pengembangan Perangkat Lunak
    • keyboard_arrow_rightProses Pengembangan Perangkat Lunak
    • keyboard_arrow_rightModel Proses Perangkat Lunak
    • keyboard_arrow_rightAktivitas Proses Pengembangan Perangkat Lunak
    • keyboard_arrow_rightPenanganan Perubahan Perangkat Lunak
  • lock Pertemuan 3: Contoh Metode SDLC: Extreme Programming dan Metode Agile
    • keyboard_arrow_rightAgile Methode
    • keyboard_arrow_rightExtreme Programming
    • keyboard_arrow_rightSystem Request & Feasibility Study
  • lock Pertemuan 4: Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak
    • keyboard_arrow_rightRekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak
    • keyboard_arrow_rightDokumen Kebutuhan Perangkat Lunak
    • keyboard_arrow_rightProses rekayasa kebutuhan perangkat lunak
  • lock Pertemuan 5: Pemodelan Sistem Perangkat Lunak
    • keyboard_arrow_rightPemodelan Sistem Perangkat Lunak
    • keyboard_arrow_rightModel Konteks dan Interaksi
    • keyboard_arrow_rightModel Struktural dan Prilaku
  • lock Pertemuan 6: Perancangan Arsitektur Perangkat Lunak
    • keyboard_arrow_rightPerancangan Arsitektur perangkat lunak
    • keyboard_arrow_rightKeputusan dalam desain arsitektur perangkat lunak
    • keyboard_arrow_rightGambaran arsitektur perangkat lunak
    • keyboard_arrow_rightArsitektur Aplikasi
  • lock Pertemuan 7: perancangan dan implementasi perangkat lunak
    • keyboard_arrow_rightPerancangan dan implementasi perangkat lunak
    • keyboard_arrow_rightPola-pola perancangan
    • keyboard_arrow_rightIsu-isu implementasi
  • lock Pertemuan 8: UTS
  • lock Pertemuan 9: Studi kasus analisis sistem berjalan
  • lock Pertemuan 10: Studi Kasus Identifikasi Kebutuhan fungsional dan non fungsional
  • lock Pertemuan 11: Studi Kasus Perancangan Aplikasi
  • lock Pertemuan 12: Evolusi Paradigma Analysis dan Design
    • keyboard_arrow_rightEvolusi Paradigma Analysis dan Design
  • lock Pertemuan 13:Persentasi Tugas
  • lock Pertemuan 14
  • lock Pertemuan 15
  • lock Pertemuan 16: UAS